Kelebihan dan Kekurangan Samsung Tab A8 2022

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Tab A8 2022 – Samsung Tab A8 2022 adalah sebuah tablet kelas menengah yang dirancang untuk menangani tugas-tugas esensial dengan keunggulan di sektor tertentu. Hal itu membuat tablet di kelas ini wajar jika memiliki kompromi di sektor yang dianggap produsen tidak terlalu esensial.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Tab A8 2022

Sebagai tablet kelas menengah, Samsung Galaxy Tab A8 menawarkan beragam hal menarik yang bisa memenuhi ekspektasi kebanyakan orang. Tak hanya itu, tablet Samsung Galaxy Tab A8 10.5 juga mampu memberikan pengalaman multimedia yang memukau berkat dukungan empat buah speaker stereo yang didukung fitur Dolby Atmos.

Soal performa, tablet Samsung Galaxy Tab A8 10.5 ini cukup kompeten untuk menangani tugas-tugas masa kini berkat dukungan SoC Unisoc Tiger T618 octa-core yang cukup powerful dan dipadukan dengan RAM berkapasitas 3GB atau 4GB.

Spesifikasi Samsung Tab A8 2022

  • Layar: PLS TFT 10.5 inci
  • Chipset: UNISOC Tiger T618
  • RAM: 4 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Kamera: 8 MP (wide)
  • Baterai: Li-Po 7040 mAh

Performa

UNISOC atau yang dulu bernama Spreadtrum mulai menunjukkan eksistensinya di tengah dominasi Qualcomm dan MediaTek. SoC ini kini dilirik berbagai produsen, khususnya untuk produk kelas menengah dan kelas entri.

Pada Galaxy Tab A8, SoC UNISOC yang dipakai adalah Tiger T618. SoC ini kurang lebih setara dengan Helio G80 dan Snapdragon 662. Tiger T618 terkenal cukup andal dan dipakai juga oleh Advan GX.

SoC atau chipset ini memiliki delapan inti CPU. Dua inti di antaranya merupakan inci performa berupa Cortex A75 (2,0 Ghz). Sementara itu, enam inti lainnya adalah inti efisiensi yaitu Cortex A55 (2,0 GHz). SoC ini punya GPU Mali G52 MP2 (850 MHz) dan dibikin dengan fabrikasi 12 nm.

Tiger T618 ternyata mampu mendongkrak sektor dapur pacu Galaxy Tab A8. Ryan Haines dan Anuj Bhatia cukup terkesan dengan performa yang bisa dihasilkan.

Ada empat buah speaker yang disematkan pada Galaxy Tab A8. Dua ditaruh di bawah dekat port USB C, dan dua lainnya di rangka bagian atas. Oleh karena itu, konfigurasi speaker tablet ini adalah stereo. Sektor audio tersebut didukung pula dengan teknologi Dolby Atmos.

Anuj Bhatia juga memuji kualitas speaker Galaxy Tab A8. Kata dia, suaranya sangat lantang, jernih, dan mampu terdengar ke seluruh ruangan. Pernyataan Haines dan Bhatia mengindikasikan bahwa Anda tidak perlu membeli speaker eksternal untuk sekadar menonton film melalui tablet ini.

Desain

Penampilan yang elegan, premium dan build quality solid merupakan ciri khas tablet-tablet Samsung. Tak peduli harganya murah atau mahal, Samsung selalu memberi impresi yang baik pada sektor desain.

Demikian pula yang Anda dapati dari Galaxy Tab A8. Pratima Adhikari dalam kanal YouTube GadgetByte, mengaku bahwa tablet ini memang terasa kokoh. Wajar bila Pratima bisa berkata demikian karena penutup belakang si tablet memakai material aluminium.

Material plastik masih digunakan, tetapi porsinya cukup kecil. Letaknya ada di bagian kanan, tepat setelah ada garis perpotongan vertikal. Pratima menyebut, bahan plastik digunakan kemungkinan agar komponen seperti antena WiFi dan antena jaringan seluler dapat bekerja dengan baik.

Yang menarik lagi dari desain Galaxy Tab A8 adalah polesan penutup belakangnya yang matte, sehingga noda sidik jari tidak mudah menempel. Selain itu, tablet ini cukup tipis dengan ketebalan hanya 6,9 mm, serta cukup ringan (508 g).

Adapun tablet dengan bezel layar simetris ini hadir dengan satu pilihan warna untuk varian WiFi, yaitu Gray (abu-abu). Sementara itu, varian LTE punya tiga opsi warna: Gray, Pink, dan Silver.

Galaxy Tab A8 dibekali layar cukup lebar, 10,5 inci, dengan jenis TFT. Resolusi tampilannya adalah 1920 x 1200 piksel. Adapun layar ini punya rasio aspek 16:10 dan kepadatan piksel 215 ppi.

Refresh rate layar memang masih 60 Hz, tetapi itu bukan masalah yang serius buat sebuah tablet. Sebab interaksi tangan pada layar sebuah tablet umumnya tidak seintens ketika menyentuh layar ponsel. Karena itu, refresh rate 60 Hz pada layar sebuah tablet akan terlihat mulus-mulus saja.

Sekadar informasi, Galaxy Tab A8 mempunyai sertifikasi Widevine L1. Artinya, Anda dapat menikmati film Netflix di tablet ini dengan resolusi Full HD.

Penyimpanan

Galaxy Tab A8 dibekali dengan slot microSD khusus, baik varian WiFi maupun LTE. Slot tersebut mampu menampung kartu microSD dengan kapasitas hingga 1 TB.

Keberadaan slot microSD ini cukup berguna untuk meningkatkan kapasitas simpan, khususnya jika Anda membeli varian WiFi yang punya memori internal hanya 32 GB. Dengan microSD, Anda jadi bisa menyimpan koleksi film, novel, album musik dan lain sebagainya.

Daya Tahan Baterai

Baterai yang dikandung Galaxy Tab A8 cukup besar, kapasitasnya 7040 mAh. Berdasarkan pengalaman Ryan Haines, tablet ini punya ketahanan baterai yang baik karena mampu tembus satu hari pemakaian

Dalam pengujian, Haines memakai tablet ini untuk macam-macam aktivitas. Mulai dari browsing, bersosial media, hingga streaming. Tes dijalankan Haines ketika tablet hanya dihubungkan lewat jaringan WiFi.

Sementara itu, menurut pengujian Anuj Bhatia, Galaxy Tab A8 mampu bertahan hingga 9 jam dalam sekali cas. Ketahanan tersebut dicapai Bhatia saat menggunakan tablet ini untuk menonton film, browsing dan membaca (e-book).

Kelebihan Samsung Galaxy Tab A8 2022

  • Performa kencang dengan Unisoc Tiger T618
  • Baterai berkapasitas besar
  • Layar sentuh berukuran besar
  • harga kompetitif

Samsung Galaxy Tab A8 dibekali dengan layar TFT 10,5 inci dengan resolusi WUXGA (1920 x 1200 piksel) yang dapat menampilkan konten berwarna dengan baik. Selain fitur Face Unlock, tablet ini pun dilengkapi dengan sensor fingerprint di bagian samping.

Hadir dengan dua versi, tablet ini dibanderol dengan harga Rp 2.999.000 untuk versi WiFi dengan RAM 3 GB + penyimpanan 32 GB dan Rp 4.499.000 untuk versi LTE dengan RAM 4 GB + penyimpanan 128 GB.

Menjadi suatu hal yang wajar bila Samsung Galaxy Tab A8 versi LTE punya harga lebih mahal karena dapat mendukung jaringan seluler dari operator. Versi ini juga memiliki kapasitas RAM dan penyimpanan yang lebih besar dari versi WiFi.

Baterai berkapasitas 7.040mAh yang hadir pada tablet ini diklaim Samsung mampu bertahan lama dalam pemakaian normal. Sementara fitur 15W Fast Charging mampu mengisi daya baterainya dengan cepat.

Kekurangan Samsung Galaxy Tab A8 10.5

  • Kamera standar
  • Varian WiFi hanya dibekali RAM 3GB dan ROM 32GB

Walaupun dapat dengan lancar menjalankan game kasual dan aplikasi, namun chipset Unisoc Tiger T618 (12nm) Octa-Core yang menjadi dapur pacu Galaxy Tab A8 tidak dapat terlalu dipaksakan untuk menjalankan game dengan kualitas grafis menengah ke atas.

Tablet ini pun hanya membawa kamera seadanya lewat kamera depan 5 MP dan kamera belakang 8 MP. Meskipun fitur kameranya sederhana, namun setidaknya kamera depan Galaxy Tab A8 bakal tetap dimanfaatkan untuk video conference saat bekerja maupun belajar dari rumah.

Kesimpulan

Dukungan OS Android 11 terbaru dengan One UI 3.1 yang nyaman, performa kencang dari SoC Unisoc Tiger T618 dengan RAM 3GB atau 4GB, layar sentuh berukuran besar yang imersif, quad speaker stereo dengan Dolby Atmos yang mendukung pengalaman multimedia.

Tersedia varian 4G LTE, dan fitur yang lengkap menjadi daya tarik Samsung Galaxy Tab A8 10.5 menurut kami. Jelas, Samsung Galaxy Tab A8 10.5 salah satu tablet yang cocok untuk bekerja meningkatkan produktivitas maupun hiburan dengan harga yang terjangkau.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like