Ketahui Perbedaan FTP, FTPS dan SFTP Beserta Contoh

perbedaan FTP, FTPS, SFTP

Contoh Perbedaan FTP, FTPS dan SFTP – Dalam beberapa kesempatan, kita mungkin dihadapkan dengan situasi yang mengharuskan pengiriman atau transfer file antar komputer dalam sebuah jaringan. Ada sebuah sistem transfer yang disebut FTP (File Transfer Protocol) yang bertugas untuk menangani transfer file tersebut.

Tak hanya FTP, dikenal juga istilah FTPS dan SFTP yang ketiganya sama-sama berfungsi untuk protokol transfer file. Di artikel ini akan dibahas perbedaan FTP, FTPS dan SFTP sehingga kamu tak keliru lagi dalam penerapannya.

Apa itu FTP

Sebelum membahas perbedaannya, terlebih dahulu kamu harus memahami apa itu FTP. Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa FTP merupakan singkatan dari File Transfer Protocol yang digunakan untuk mentransfer file dari komputer server ke komputer klien. FTP mentrasfer data menggunakan dua saluran terpisah yang disebut command channel dan data channel.

FTP merupakan protokol transfer file yang sudah ada sejak lama. Dahulu kala internet belum berbahaya seperti sekarang ini, sehingga penggunaan FTP masih umum dan terbilang aman. Namun seiring berkembangnya zaman, internet semakin kurang aman sehingga transfer file menggunakan FTP sudah mulai ditinggalkan karena kurangnya keamanan. Berikut beberapa contoh aplikasi yang menggunakan FTP

  • WinScp aplikasi FTP Client ini memiliki Keunggulan utama yaitu adanya dukungan SSH password,¬†public key, memiliki keyboard interaktif, dan otentikasi Kerberos.¬†WinSCP juga mampu menangani protokol seperti SFTP, SCP, FTP dan WebDev
  • FTP GPTF hanya bisa dioperasikan pada sistem operasi Linux. mendukung protokol seperti FTP, FTPS, HTTP, HTTPS, SSH, dan FSP. Tetapi, kekurangan dari FTP GPTF adalah hanya bisa digunakan antar jaringan lokal saja.
  • FileZilla merupakan FTP Client terpopuler dengan salah satu fungsinya bisa meremote di berbagai sistem oprasi. Kekurangannya butuh waktu yang cukup lama untuk melakukan upload file jika dibandingkan jenis FTP lainnya

Apa itu FTPS

Pasca era FTP, munculah era transfer file baru dengan FTPS yang lebih aman. Kekhawatiran akan keamanan internet mulai tumbuh di tahun 1990an. Hal ini ditanggapi oleh Netscape yang membuat SSL (Secure Socket Layer) yang saat ini dikenal dengan TLS. SSL berfungsi untuk melindungi komunikasi yang terjadi antar komputer di dalam sebuah jaringan.

Berbeda dengan FTP, FTPS telah dibekali SSL sehingga lebih aman untuk melakukan transfer data. Secara umum cara kerjanya sama, FTPS juga menggunakan dua saluran (command channel dan data channel) untuk proses transfer data. Hanya saja pada FTPS kamu bisa memilih untuk mengenkripsi kedua saluran atau hanya data channel saja.

FTPS akan memeriksa sertifikat dari komputer server apakah dipercaya atau tidak. Otentikasi tersebut dilakukan dengan ID pengguna yang digabungkan dengan sertifikat atau kata sandi. Dengan demikian, FTPS lebih aman dibanding FTP untuk proses transfer data di dalam sebuah jaringan komputer.

Apa Itu SFTP

Jika pada FTP dan FTPS digunakan dua saluran untuk proses transfer data, SFTP hanya menggunakan satu saluran. Dengan demikian komputer klien hanya akan mengotentikasi satu saluran saja untuk menerima file yang sedang ditransfer.

Dibanding FTP dan FTPS, SFTP memiliki keamanan yang lebih unggul. Tak hanya otentikasi menggunakan kata sandi dan ID pengguna, SFTP juga akan mengenkripsi setiap kredensial dengan baik. Terdapat metode lain untuk proses otentikasi yang digunakan SFTP yaitu dengan SSH Keys.

Perbedaan Utama Antara FTP, FTPS dan SFTP

Setelah mengetahui definisi FTP, FTPS dan SFTP, kini saatnya kamu mengetahui perbedaan ketiganya.

Perbedaan FTP, FTPS dan SFTP yang utama terletak pada keamanannya. SFTP (SSH File Transfer Protocol) adalah protokol file yang paling aman di antara ketiganya karena menggunakan SSL dan sistem otentikasi yang ketat.

Tak hanya soal keamanan, penyedianya pun berbeda. FTP disediakan oleh TCP/IP, sedangkan SFTP disediakan oleh SSH, yaitu sebuah sistem informasi login jarak jauk.

Karena penyedianya pun berbeda, koneksi yang digunakan pun berbeda. FTP melakukan transfer file di bawah koneksi kontrol TCP 21, sedangkan SFTP menggunakan koneksi yang dibuat SSH antara komputer klien dan komputer server sehingga lebih aman.

Format kata sandi dan data yang disediakan FTP untuk proses transfer file adalah teks biasa sehingga mudah dibaca manusia. Berbeda dengan SFTP yang menggunakan proses enkripsi data sebelum proses transfer file.

FTP mentransfer kata sandi dan data dalam format teks biasa, sedangkan SFTP mengenkripsi data sebelum mengirimnya ke host lain dan menggunakan komunikasi biner sehingga tak mudah dibaca manusia.

Kesimpulan

Perbedaan FTP, FTPS dan SFTP terletak pada sistem keamanannya. SFTP memiliki sistem keamanan yang lebih baik dibanding FTPS, apalagi jika dibandingkan dengan FTP yang keamanannya sangat rendah.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like